Kamis, 05 November 2009

GK TELUK NAGA

 

GEREJA KRISTUS TELUK NAGA

 

Berawal tahun 1967-an ketika Ny. Nio Tjoei Eng almibunda Tn. Nio Siong Liang alm, seorang dari anggota Jemaat Gereja Kristus Ketapang yang merindukan kerabat dan keluarganya di desa ( Desa PangkalanKampung Melayu ) juga mengenal dan mendapat kasih karunia keselamatan surgawi ( Kis. Rasul 16 : 31 ), maka diajaklah seorang Hamba Tuhan yang bersahaja yaitu Bpk Frans Zohar beranjak dari kota besar Jakarta menuju kesebuah desa kecil untuk mencari dan memenangkan jiwajiwa disana.

            Tiba di desa di rumah keluarga besar Ny. Lim San Nio alm ibunda Ny. Nio Tjoei Eng, Tn. Yap Djok Kian alm ( Kakak ) serta Tn. Yap Kiam Soen ( keponakan ) yang sampai sekarang sebagai saudara dekat kami. Maka dimulailah kumpul – kumpul ibadah keluarga, mulai dari 1 kali sebulan hingga kemudian tiap – tiap hari sabat Tuhan. Mulailah dengan berkumpul anak cucu keluarga ini, kemudian para tetangga dekat sampai terbentuk kebaktian kanak – kanak waktu itu ( Sekolah Minggu saat ini ).

            Dari sinilah mulai terpateri sebuah kesetiaan dari seorang Hamba Tuhan Pdt. Em. Frans Zohar melayani dengan hati dan ketulusan hingga pada hari ini saudara kami membaca catatan ini ( 1968 – 1978 ). Pelayanan selanjutnya diteruskan oleh Guru Injil ( Pnt. K ) Max Killis pada tahun 1978 – 1986 dan dari tahun 1986 pelayanan diteruskan oleh Pdt. Jusak H. Mulyatan sampai tahun 1995.

            Anggota jemaat berlatar belakang etnis Tionghoa ( 99 % ) dan yang lainnya merupakan pendatang dari Sumatra, Sulawesi, Jawa, dan Nusa Tenggara Timur. Masyarakat disekitarnya adalah etnis Betawi ( Pribuni ) dan kebanyakan beragama Islam serta etnis Tionghoa ( Keturunan ) yang kebanyakan beragama Budha. Ada beberapa orang dari etnis Betawi yang sudah percaya karena pernikahan.

            Jemaat ini didewasakan bertepatan dengan peresmian gedung gereja yang baru pada tanggal 1 April 1990. Jemaat dinyatakan resmi menjadi anggota ke-15 dalam jajaran Sinode Gereja Kristus pada saat berlangsungnya Konferensi Sinode Gereja Kristus tanggal 22 – 24 Agustus 1991 di Wisma Kinasi, Caringin Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar