Kamis, 05 November 2009

GK SARUA PERMAI

 

GEREJA KRISTUS SARUA PERMAI

 

Bermula dari kerinduan untuk bersekutu dan beribadah kepada Tuhan, beberapa orang percaya di komplek Sarua Permai mengadakan Kebaktian Natal bersama pada bulan Desember 1985.

Seusai kebaktian mereka berbicara dari hati ke hati dan bertukar pikiran tentang bagaimana mereka dapat beribadah secara tetap dan ada Gereja yang menaungi mereka.

Pertemuan berikutnya diadakan di rumah Keluarga Rio Amoz untuk membicarakan maksudtersebut. Yang hadir pada waktu itu

antara lain: Kel. Oedin Sudirman Salim, Kel. Buce, Kel. Rio Amoz, lbu Erliana Sembiring, lbu Ginting dan lbu Elsye Hendro. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan yakni pengadaan kebaktian di bawah naungan Gereja Kristus Petamburan. Untuk itu, lbu Sembiring, yang merupakan anggota Majelis Gereja Kristus Petamburan, menyediakan rumahnya untuk dipakai sebagai tempat kebaktian.

Disertai kesehatian dan kesungguhan serta pergumulan dalam doa, diadakanlah kebaktian pertama kali di rumah lbu Pnt. Erliana Sembiring di Jl. Musi A50 No. 7 pada hari Minggu tanggal 26 Januari pukul 17.00 WlB. Kebaktian dipimpin oleh Bapak Pdt. Alex Maleachi. Jemaat yang pertama kali hadir dalam kebaktian tersebut antara.lain Kel. Oedin Sudirman Salim, Kel. Rio Amoz, Kel. Buce Boba, Kel. John Lawalata, Kel. Usman, Bpk. Siahaan, lbu Erliana Sembiring, lbu Ginting, lbu Elsye Hendro dan Sdri Balle.

Setelah berjalan beberapa bulan, pada bulan Maret 1986, jemaat memutuskan mengontrak rumah milik bapak Sudarmo, anggota Gereja Katolik di Jl. Sarua Permai Raya Blok A45/11 untuk kebaktian. Tepatnya mulai tanggal 2 Maret, kebaktian Sekolah Minggu secara tetap diadakan setiap minggu pada pukul. 08.00, sedangkan kebaktian dewasa tetap pada Pk. 09.00. Pada bulan itu juga terbentuk kepengurusan dengan jumlah 5 orang anggota, yaitu: Bpk. Oedin Sudirman Salim (ketua), Bpk. Thompson Hutagaol, Bpk. Buce Boba, Bpk. Rio Amoz, Bpk. John Lawalata dan lbu Elsye Hendro.

Secara bergantian kebaktian di Sarua dilayani oleh Pdt. Alex Maleachi dan Bpk. Ruben Tagi, Pdt. Liting Napitupulu (Alm.), Bpk. Donny Manuhutu dan Sdr. Hotbin Siregar ( membantu di pemuda ).

Menjelang pendewasaan Pos Pekabaran Injil Sarua menjadi Jemaat Gereja Kristus Sarua Permai ( GKSP ) pada tahun 1994 dan setelah melewati pergumulan dan oleh kemurahan Tuhan, pada tanggal 24 April 1994, Pos PI Sarua mendapat pengakuan dari Sinode Gereja Kristus sebagai jemaat yang berdiri sendiri atau dewasa.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar