Kamis, 05 November 2009

GK PURWAKARTA

 

GEREJA KRISTUS PURWAKARTA

 

Dari keterangan yang dapat dipercaya, perihal berdirinya Gereja Krisuts jernaat Punrwakarta dimulai sekitar tahun 1939 dengan mengadakan kegiatan kerohanian di kota Purwakarta dengan maksub untuk menyampaikan Berita Keselamatan ”.

Misi itu dipimpin oleh Pdt. Dzao Sze Kuang dari Gereja Chung Hua Chi Tuh Ciao Hui Gang Ketapang Jakarta, dan dibantu oleh seorang aktivis Gereja Tiong Hoa Kie Tok Kauw Hwee Mangga Besar Jakarta, bernama Tan Hoi Fa. Kegiatan mereka dimulai dari kebaktian perumahan dan juga sekolalr Minggu yang diadakan dirumah – rumah  yang dikunjungi tersebut , temyata hal ini mendapat sambutan luar biasa. Kegiatan ini terus berjalan sampai tahun 1946, walau harus berpindah tempat. Dimulai dari sebuah rurnah yang merangkap toko sepatu milik Ny. Djan Nam di Jl. Pasar Jumat ( Jl.Jend. Sudirman ), lalu

pindah ke rumah lbu Beijen, lalu ke kel. Lie Hok Kin. Berpindah – pindah tempat ini dikarenakan karena banyaknya etnis Tionghoa banyak bermukim didaerah tersebut 9 ( Pecinan ).

Persekutuan ini mulai menampakkan hasil yaitu dengan dilihat dari jumlah sekitar 20 orang ( pria dan wanita ) a.l dari kel : Tan Tjoe Kim., Lie Tjeng Hong, Liem Tjin Liang dll. Pada sekitar tahun 1946 dimana jumlah pengikut perekutuan bertambah banyak, maka tempat untuk bersekutu

pindah lagi ke kel. Kong Tjoei Hoa, di tempat ini seluruh kegiatan berjalan dengan baik.

Saat itu kegiatan masih dilayani oleh Hamba Tuhan dan aktivis dari gereja CHCTCH Ketapang Jakarta,

antara lain : Bpk. Tan Hoi Fa, Bapak Kho Im Hiong, Bapak Eddy Yo Soen Houw, Bpk. The Soen Liong, Bpk. Choo Poh Kiong, Bpk. Choo Pon Chong dan Bpk. Emile Chandra.

Sebagai puncak dari seluruh kegiatan ini ialah diselenggarakannya Sakramen Baptisan Kudus Dewasa pertama kali di Purwekarta atas 14 orang, pada tanggal 22 Juni 1952, dilayani oleh Pdt. Khoe Lan Seng dari CHCTCH Ketapang Jakarta.

Peristiwa inilah yang dipakai sebagai tonggak sejarah berdirinya Gereja Kristus di Purwakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar