Kamis, 05 November 2009

GK PETAMBURAN

Pada tanggal 8 September 1945 pukul 20.00 di rumah keluarga Khoe May Seng, di Jl. Pejompongan (Jl. KS Tubun) No. 2 Jakarta diadakan perternuan dari hati ke hati di samping bertukar pikiran tentang permasalahan pemisahan dan pengunduran diri 54 orang anggota gereja CHCTCH Tanah Abanh, akibat perbedaan pendapat atas kebijaksanaan pencalonan Majelis CHCTCH Tanah Abang. Pertemuan dihadiri oleh beberapa saudara antara lain Tjie Hok Goan, Lim Kim Pon, Liem Koen Bok, Khoe May Seng Khoe Hong Lim, Khoe Sin Lim, Ong Tjong Eng, Nio Liong Kin, Ny. Khoe Antjie Nio, Tjoa Tek Koen, Ny. Polina Majiah dan Ny Netty Tamsil. Pembicaraan berkisar tentang kelanjutan penggembalaan rohani 54 orang anggota jemaat tersebut.

Kemudian diputuskan untuk mengusahakan tempat kebaktian rutin dan memiliki seorang pengerja tetap untuk memimpin penggembalaan jemaat.

Kebaktian pertama kali diadakan di rumah Khoe May seng, Jl. Pejompongan No. 2, Jakarta dengan pengerja tetap Tjoa Tek Koen, yang kemudian hari diteguhkan sebagai Guru Injil pada bulan Januari 1954 di Gereja CHCTCH Tanah Abang. Kemudian sakramen perjamuan Kudus pertama dilangsungkan pada tanggal 31 oktober 1954, di mana sebagian peralatan diperoleh lewat sumbangan dan lain-nya dibeli di pasar.

Melalui rapat Pertama pada tanggal 8 Desember 1954 diputuskan bahwa sekarang gereja berstatusBerdiri Sendiridan lepas dari gereja CHCTCH Tanah Abang.

Keputusan ini sudah digumuli bersama dan dipertimbangkan matangmatang dari berbagai sudut, termasuk masalah keuangan dan tempat peribadatan yang tetap. Keputusan penting ini ditindak lanjuti dengan dibentuknya panitia sementara pengurus gereja dan pada tanggal 5 Desember 1954 melalui rapat pleno pengurus lengkap dibentuklah kepengurusan Majelis I ( periode 1954 – 1957 ) dan dilantik pada tanggal 10 Desenber 1954.

Atas keputusan pleno pengurus sepakat bahwa tanggal tersebut adalah tanggal kelahiran Gereja Kristus Tiong Hoa ( Chung Hua Chi Tuh Chiao Hui ) Petamburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar