Kamis, 05 November 2009

GK TARUNA

GEREJA KRISTUS TARUNA

Sejarah gereja ini dimulai pada pertengahan tahun 1960, ketika mertua Sdr. Sauw meninggal dunia. Saat itu hadir Pdt. Khoe Lan Seng, Sdr. Nio Tjoei Eng , Sdr. The Soen Liong dalam upacara penguburannya.

Kronologis Sejarah Pertumbuhannya sbb :

Ke 3 Saudara ini digerakkan hatinya oleh Tuhan untuk membuat Pos PI dirumah kel. Souw, yang berjalannya pos PI ini mulai dari anak Sekolah Minggu yang terus berkembang. Dan tahun 1962 ada beberapa orang dewasa mengikuti katekisasi dipimpin oleh Sdr. The Soen Liong, dan pada bulan Juli dibaptis sebanyak 17 orang. Hamba Tuhan yang mulai melayani disini yaitu Sdr. The Soen Liong, Sdr. yusak Wahidin, Sdr. Liem Oen Tjoe dan Sdr. Auw TjungTjing ( awal 1961 sampai dengan Desember 1963 ).

Pada permulaan bulan Januari 1964 s/d akhir 1965, sdr. S.Ch.E. Sudopo telah diutus oleh Majelis Gereja Kristus Ketapang sebagai Guru Injil meneruskan pekerjaan Pos PI Taruna ( S.B.K ).

Pendeta H.F. Tan dari GK Ketapang membentuk panitia yang sah pada tanggal 3 September 1967 s/d 1969.

Kira – kira bulan September 1966 rumah yang dipakai Pos PI Taruna dibeli oleh Gereja Kristus Ketapang dan yang mengurusnya ialah Sdr. Kian Wie, Sdr. Phoei Koei Liang dan Sdr. Jusak Wahidin. Dan pembangunan gedung gereja mulai bulan September 1968, yang didukung oleh Gereja Kristus Ketapang dan dibantu oleh para pendeta, majelis serta – dermawan dari GK Ketapang dan sebagai panitia pembangunan ialah Sdr. Freddy Natanael dan Sdr. Jusak wahidin dan sebagai pelaksanan adalah Sdr. Souw Ek Hoat.

Pembangunan selesai pada tanggal 27 Desember 1968 dan diresmikan oleh Pdt. H. F. Tan, yang dilanjutkan dengan perayaan Natal tahun 1968, jumlah anggota saat itu 67 orang. Pada tanggal

23 Juli 1970, Majelis Jemaat GK Ketapang mengganti panitia, lama ( karena masa jabatannya sudah

habis ) dengan panitia yang baru, dimana panitia yang baru ini ditugaskan untuk mendewasakan Pos

PI menjadi Gereja penuh.

Dan jumlah anggota sampai saat itu 79 orang. Atas keinginan anggota jemaat serta persetujuan dari Pendeta, Majelis Gereja Kristus Ketapang dan Sinode, akhirnya Pos PI Taruna diresmikan menjadi Gereja penuh dan diberi nama Gereja Kristus Jernaat Taruna pada tanggal 27 Januari 1972.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar