Kamis, 05 November 2009

GK KEBAYORAN LAMA

 

GEREJA KRISTUS KEBAYORAN LAMA

 

Gereja Kristus Kebayoran Lama dimulai dengan pekabaran Injil yang mayoritas pendengarnya adalah saudara – audara  Tionghoa yang Berdomisili di Kebayoran Lama, yang pada umumnnya pemeluk agama Kong Hu Tju. Sekitar 7 orang dari mereka secara rutin datang dan mendengarkan pemberitaan Firman Tuhan setiap hari Minggu di salah satu rumah yang terletak di Jalan Kebayoran baru No. 93, Jakarta Selatan. Peristiwa ini sudah dimulai sebelum perang dunia kedua, yaitu sekitar tahun 1939.

Pada tahun 1941, Pos PI Kebayoran Lama diasuh oleh Gereja Kristen Tanah Abang Jakarta, dan saat pecah perang dunia kedua, Pekabaran Injil di Kebayoran lama sempat terhenti.

Saat itu banyak penduduk yang mengungsi dan baru setelah perang selesai mereka kembali dan Pekabaran Injil dilakukan lagi, disampaikan oleh Ds. H. F. Tan dan Ds. Tjoe Tek Koen.

Tahun 1954, pengasuhan Pos PI Kebayoran Lama dipegang oleh Gereja Kristus Petamburan dan pada tanggal 15 Maret 1955 Pos PI Kebayoran Lama resmi di bawah asuhan Gereja Kristus Petamburan Jakarta Pusat. Setelah mengalami berbagai macam perjalanan, maka pada bulan September 1963, diadakan rapat antara Majelis Gereja Kristus Petamburan dengan pengurus Pos PI Kebayoran Lama untuk membahas pendewasaan Pos menjadi Jemaat Dewasa sehingga pada tanggal 15 Desember 1963, Pos PI Kebayoran Lama secara resmi menjadi Jemaat yang dewasa. Sampai pada tanggal 6 Februari 1993, Gedung Gereja Kebayoran Lama ditahbiskan sekaligus merayakan ulang tahun Gereja Kristus Kebayoran Lama yang ketiga puluh.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar