Kamis, 05 November 2009

GK GUNUNG PUTRI

 

GEREJA KRISTUS GUNUNG PUTRI

 

Pada tahun 1988, PT. Ferry Sonnevile and Co. bekerja sama dengan BTN membangun perumahan di desa Karangan, Kecamatan Gunung Putri. Komplek perumahan tersebut diberi nama "GUNUNG PUTR| PERMAI' ( KPGPP ).

Setelah pembangunan tersebut, terjadi perpindahan penduduk dari berbagai daerah ke tempat pemukiman yang baru itu. Ada keluarga – keluarga  Kristen yang juga menernpati rumah – rumah  di Komplek Perumahan Gunung Putri Permai ini. Oleh sebab itu diadakanlah Persekutuan Oikume yang terdiri dari gabungan beberapa gereja, antara lain umat dari Gereja Katolik, Protestan ( GPIB G. Kristus ), Pantekosta dan Adven. Kegiatan Persekutuan Oikumene diadakan

bukan pada hari Minggu, sebab pada hari Minggu jemaat beribadah di gereja. Masing – masing. Bagi anggota Jemaat Gereja Kristus, mereka beribadah di Gereja Kristus Jemaat Cibinong yang berjarak 5 Km. dari Gunung Putri. Jemaat sering kali mengalami kesulitan mendapatkan kendaraan umum ke Cibinong pada hari Minggu pagi karena kendaraan umum pada waktu itu belum sebanyak sekarang. Hal ini dirasakan kurang efektif dan efisien bagi jemaat. Oleh sebab itu atas usulan dari jemaat di Gunung Putri, Majelis Jemaat Gereja Kristus Jemaat Cibinong memutuskan membeli sebuah rumah tipe 21 yang berlokasi di Jl. Nanas VI Blok E8 No. 13, di lokasi ini ada kelebihan tanah seluas 5 x 10 m. Rumah tersebut menjadi rumah pastori yang ditempati oleh GI. Edward Ladasi, sedangkan kelebihan tanah tersebut dibangun rumah sederhana untuk tempat beribadah.

Kebaktian I sekaligus peresmian Pos PI dilakukan tanggal 12 Pebruari 1989 oleh Pdt. Rudi Wirian dan dihadiri oleh Bpk. H Mulyadi Naseri, wakil dari desa Karanggan. Jemaat dan simpatisan yang hadir pada waktu ibadah pembukaan itu sebanyak 10 orang, antara lain: Kel. Sihadi, Kel. Suryanto, Kel. Sisworo, Kel. Suharyanto, lbu Onny Pratiwi dan beberapa orang pemuda pemudi. Pada mingguminggu  selanjutnya, jemaat semakin bertambah sehingga mendorong Majelis Jemaat GKJC membeli secara kredit 4 buah rumah berlokasi di Jl. Nanas VI Blok E7 No. 1 – 4  tepat di depan rumah pastori/tempat ibadah sementara.

Rumah – rumah  tersebut direnovasi menjadi tempat ibadah dan konsistori serta satu kamar untuk koster gereja.

Pos PI ini terus bertumbuh dan berkembang. Setelah memenuhi ketentuan Tata Gereja Kristus,

maka pada tanggal 30 Juni 2003 didewasakan dari Pos PI Gereja Kristus Jemaat Cibinong menjadi Gereja Kristus Jemaat Gunung Putri dan disahkan dalam Konfrensi Sinode Gereja Kristus pada tanggal 4 Agustus 2003 di Gunung Geulis, Bogor.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar