Kamis, 05 November 2009

GK BANDUNG

Gereja Kristus Bandung pada awalnya lahir dari semangat pekabaran Injil yang dirintis oleh sebuah persekutuan Gereja Sangir Talaud ( bukanlGMIST ) yang dimulai pada tahun 1961 di Bandung.
Gereja Sangir Talaud pada awalnya bernaung di bawah Sinode GKP dengan tempat ibadah semula di gedung GKP, jalan Kebun Jati 46. Kemudian sejak bulan Desember 1961 memakai gedung SDK Paulus III Jalan LornboK 7, Bandung.
Dalam pertumbuhannya pada tanggal 7 Agustus 1966, Gereja Sangir Talaud melepaskan diri dari GKP dan sejak saat itu mengganti nama menjadiGereja Kristen Maranatha “ yang dilayani oleh Pdt. L. J. Janis.
Didorong oleh semangat kebersamaan dan jiwa persekutuan pelayanan pada tanggal 17 Januari 1969, Majelis Kristen Maranatha mengadakan pertemuan formal dengan "Gereja Masehi Injili Bandung (GMIB) yang menghasilkan sebuah kesepakatan untuk melebur kedua jemaat ini menjadi satu dalam wadahGereja Kristus Bandung “. Realisasi peleburan itu dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 1969 sekaligus peneguhan Majelis Gereja Kristus Bandung yang pertama.
Pada tanggal 12 Februari 1969, Gereja Kristus Bandung resmi menjadi anggota Sinode Gereja Kristus yang sekaligus penahbisan Pdt. L. J. Janis sebagai pendeta Gereja Kristus Bandung yang pertama.
Dengan latar belakang tersebut, maka tanggal 12 Februari 1969 ditetapkan sebagai awal berdirinya
Gereja Kristus Bandung sebagai salah satu jemaat di lingkungan Sinode Gereja Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar