Kamis, 05 November 2009

GK TELUK BETUNG

Tahun 1928 – 1929 , Gereja Kristus yang sekarang berdiri dijalan Pattimura no.10 Bandar Lampung adalah merupakan kelanjutan dari Zending Methodist yang sudah ada sebelum perang dunia II.
Kebaktian dimulai dengan menggunakan perumahan di jalan Kakap ( kampung Gudang Garam )
Tahun 1943 - 1944, saat pendudukan Jepang banyak pemimpin Methodist ditawan oleh pihak Jepang.
Dan pelayanan itu diteruskan oleh jemaat dengan menggunakan rumahnya untuk kebaktian, hal ini disponsoii oleh Bpk. Tan Kim Tjoan ( menggunakan rumahnya di jl. Kalimantan – Telukbetung ).
Hal inilah yang menjadi awal seiarah berdirinya gereja.
Tahun 1944 saat keadaan aman, tempat kebaktian dilakukan dikediaman Bpk. Pdt. Pattiasina dengan kehadiran jemaat 10 / 15 orang dan yang melayani ialah : Bpk. Pdt. CL. Tobing, Pdt. Pattiasina,
GI, Wim sahertian, Tan Kim Tjoan dan Ang Teck Tjiang. Kira-kira 1 bulan kemudian kebaktian dipindahkan ke Jl. Tenggiri ( yang disewa oleh Bpk. Tan Kirn Tjoan ) hal ini karena Jepang menginternir orang Ambon, termasuk pdt. Pattiasina. Selanjutnya dalam kurun waktu 1951 – 1959 , gereja makin berkembang dan diperlukan seorang hamba Tuhan yang fulltime, pada tanggal 9 September 1951, Pdt. Harjowasito membawa seorang GI dari Jogja yaitu GI. Lim Djin Tiang untuk melayani Jemaat CHCTCH – Tetukbetun g dan CHCTCH – Metro.
Seiring perkembangannya tahun 1952, jemaat yang memakai bahasa Hokian memisahkan diri dan mendirikan Gereja Tritunggal tapi Bpk. Tan Kim Tjoan dan Bpk Ang Teck Tjiang tetap mempertahankan untuk berbakti di Hotel Bandung dengan nama CHCTCH. Tahun.l953, GI. Lim DjinTiang mengundurkan diri, lalu pelayanan diisi oleh Bpk. Tan Kim Tjoan dan Bpk. Ang Teck Tjiang dan perjamuan kudus serta baptisan dilayani oleh pendeta dari Bogor / Jakarta yaitu Pdt. Khoe Lan Seng dan Pdt. Ang Soen Kauw. Sebagai pengganti GI. Lim DjinTiang, direkrutlah GI. Ong Tyay Beng pada tanggal 25 November 1959.
Keinginan untuk mempunyai gedung gereja sendiri terus digumuli, untuk itu dibentuklah Panitia Pembangunan Gedung Gereia tahun 1960 yang diketuai ol.eh GI Ong Tyay Beng.
Bendahara : Sdri. Oey Kim Siok, Penasehat: Oen Tjeng Yam. Dan sebagai kelengkapan Administrasi, maka tanggl 5 Juli 1961 dibentuk Yayasan Gereja Kristus Tetukbetung. Dan tahun 1961 CHCTCH Chuwee Jakarta telah berubah menjadi Gereja Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar